Tokoh Otomotif

12 10 2009

Bernie Ecclestone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Bernard Charles Ecclestone (dikenal dengan nama Bernie Ecclestone) (lahir 28 Oktober 1930; umur 78 tahun) adalah seorang pengusaha dan mantan pembalap yang berasal dari St. Peters, Suffolk, Inggris.

Ia saat ini dikenal sebagai presiden FOM (Formula One Management). Ia juga mempunyai perusahaan marketing dan promosional Formula 1 bernama SLEC (singkatan dari nama istrinya yang berasal dari Kroasia, SLavica ECclestone).

Mr. E, begitu ia biasa disapa adalah putra seorang nelayan di Suffolk, Inggris. Ia mengawali karir balap pada tahun 1946. Ia mulai terjun ke bisnis pada tahun 1960 saat menjadi agen properti.

Pada 1971 ia menjadi bos tim Brabham. Lalu pada 1973 ia menjadi presiden FOCA (Formula One Constructor Association). FOCA dan FISA (sekarang FIA) sempat berperang pada era 1980-an sebelum akhirnya berdamai.

Prestasi Mr. E sebagai bos tim adalah saat mengantar Nelson Piquet menjadi juara dunia 1983 bersama tim Brabham.

Pada 1996, Bernie mendirikan perusahaan bernama SLEC dan dipercaya FIA untuk mengelola hak komersial F1 selama 100 tahun kedepan.

Carlos Reutemann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karier balap

[sunting] Pra-Formula 1

Pada 1965 ia memulai balap lokal untuk dealer Fiat di balapan Turismo, Cordoba. Dia memenangkan balapan keduanya dan total 14 balapan lainnya di tahun ini. Kemudian pada 1967 ia memenangkan balap Turismo dengan 7 kemenangan dan naik ke kelas Turismo Carretera road racing series dan bersiap turun di kelas Ford Falcon Saloon.

Pada 1968 ia meraih perhatian interna­sional pertama kali di Tecno Formula 2 di seri Temporada, berjuang sebelum akhirnya pindah ke Brabham-nya Frank Williams untuk balapan seri keempat di Buenos Aires. Ia lantas memimpin di balapan tersebut. Pada 1970 ia ikut kejuaraan F2 Eropa dengan Brabham BT30, berduet dengan pembalap motor Benedicto Caldarella. Meraih reputasi saat mengalahkan pembalap hebat, Jochen Rindt di Hockene.

Pada musim kedua di F2 (1971), ia menjadi runner-up setelah Ronnie Peterson, bertarung habis­-habisan di seri terakhir di sirkuit Vallelunga, Roma. Finis ketiga di kejuaraan non-gelar F1 BA GP dengan menyewa mobil McLaren milik Jo Bonnier.

Formula 1

Brabham F1

Pada 1972 ia dikontrak oleh Bernie Ecclestone ke tim Brabham, meraih pole pada debut GP-nya di Argentina. Pole debut kedua dalam sejarah setelah Mario Andretti pada 1968 di Watkins Glen. Menang di kejuaraan non-gelar F1 di Sao Paulo Interlagos, tapi patah kaki setelah menabrakkan mobil tim Rondel Brabham BT38 saat berlatih untuk Easter Monday Thruxton F2 Internasional. Meraih posisi 16 di klasemen pembalap dengan 3 poin. Pada 1975 ia mengendarai mobil desain baru yang radikal dari Gordon Murray Brabham BT42, ia lalu meraih posisi ke-7 di kejuaraan dunia. Sempat memimpin GP Spanyol sebelum gardannya rusak. Ia juga ang­gota dari Ferrari sports car team, memenangkan balapan enam jam di Vallelunga, berbagi dengan Tim Schenken.

Pada 1974 penampilan Reutemann semakin kuat dengan mobil baru Murray. BT44, menang di Afrika Selatan, Austria dan Amerika Serikat untuk meraih posisi keenam kejuaraan dunia. Tahun berikutnya (1975) ia dinobatkan sebagai calon juara dunia, tapi juga memiliki reputasi sebagai penyendiri, Reutemann cuma meraih satu kemenangan GP di Nurburgring. Brabham beralih ke mesin Alfa, tapi Carlos berharap Brabham tetap memakai mesin Cosworth DFV.

Ferrari

Pada 1976 Reutemann tertekan dan kehilangan gairah di tim Brabham-Alfa, karena per­saingannya dengan Carlos Pace. Dia menebus dirinya dari kontrak dan pindah ke Ferrari. Membuat debut gemilangnya dengan mobil ketiga Ferrari di Monza dan menyaingi Niki Lauda. Saat ditanya apakah Reutemann itu rival atau teman, Lauda menjawab, “dua-duanya bukan.” Terjadi persaingan di tim Ferrari Carlos meraih satu GP, Niki meraih tiga GP dan gelar juara dunia.

Di 1978 ia sukses dengan Michelin-Ferrari. Empat kali menang GP dan posisi tiga di kejuaraan dunia.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: