otomotif

11 10 2009

Konsep Hibrida Sport Diesel BMW

Sumber : Kompas.com

Popularitas mobil hibrida tampaknya kian menarik. Hal tersebut tampak dari mobil sport konsep yang akan ditampilkan BMW pada Internationale Automobile Austellung (IAA) yang ke-63 atau Frankfurt Motor Show 2009, yang akan diselenggarakan pada 17-27 September ini.

Mobil konsep yang akan diperkenalkan BMW adalah sport 2 + 2 yang mengandalkan sistem penggerak hibrida. Dalam hal ini, sistem itu adalah mesin diesel dan motor listrik. Dijelaskan, mobil konsep terbaru produsen asal Muenchen ini merupakan visualisasi teknologi BMW ActiveHybrid plus, simbol mobil sport masa depan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kuat & Irit . Untuk memperoleh kinerja konsumsi bahan bakar yang irit dan emisi yang rendah, para ahli BMW mengadopsi teknologi atau konsep mobil kecil ke kelas premium. BMW menyebutnya VissionEfficientDynamics.

Konsepnya adalah mobil hibrida menggunakan mesin turbo diesel tiga silinder dan dua motor listrik. Dalam hal ini, BMW menggunakan hibrida seri. Hanya motor listrik yang dipasang pada setiap as roda depan belakang, yang menggerakkan mobil.

Dengan kedua as roda diengkol oleh mesin, BMW pun menyebut mobil ini berpenggerak semua roda atau all-wheel drive (AWD). Tenaga yang bisa dihasilkan oleh motor listriknya, 262 kW (356 PS) dan torsi maksimum 800 Nm.

Mobil ini mampu sprint dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 4,8 detik. Adapun kecepatan top yang bisa dicapai adalah 250 km/jam. Ini pun dibatasi secara elektronik. Sementara itu, konsumsi bahan bakar dari mobil berdimensi panjang 4.600 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.240 mm ini  (dengan mode EU) adalah 3,76 liter/100 km atau 26,6 km/liter. Sementara itu, emisi CO2, 99 gram/km.

Plug-In . Untuk meningkatkan efisiensi atau biaya operasional yang murah, BMW merekayasa mobil ini sebagai hibrida plug-in . Sel baterai lithium polimer yang digunakannya bisa dicolokkan langsung ke stop kontak rumah di Eropa yang menggunakan listrik dengan standar tegangan 220 volt. Dengan tegangan tersebut dan arus pengisian 16 ampere, waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang baterai hanya 2,5 jam. Selanjutnya, bila menggunakan tegangan 380 volt, 32 ampere, pengisian aki hanya butuh waktu 44 menit. Cukup menarik!

Tak kalah menarik, kemampuan mobil menempuh jarak dengan tangki solar penuh (25 liter) plus baterai adalah 690 km. Untuk baterai saja, jarak yang dapat ditempuh 50 km. Mobil juga dilengkapi dengan brake energy regeneration (BER) atau yang banyak dikenal secara umum dengan KERS.

Lampu . Bagian ini menggunakan material teknologi ringan yang inovatif pada interior. Itu antara lain head-up display (HUD) tiga dimensi. Atap dan kaca pintu dibuat dari polikarbonat yang secara otomatis jadi lebih gelap bila kena sorot cahaya.

Untuk membuat penampilannya gaya , pintu mobil dibuka dengan gaya sayap burung camar ( gullwing ) yang membuka ke atas samping. Desain bodinya diadopsi dari  Formula1 sehingga nilai aerodinamika, render -nya 0,22.

Teknologi inovatif lain yang dibanggakan BMW pada mobil ini adalah lampu dengan pencahayaan yang sangat terang. Di samping itu, lampu ini juga memberikan simbiosis penerangan yang unik di sekitarnya.

Tak kalah menarik, kombinasi desain lampu LED di depan dan belakang mobil, menurut BMW, akan menciptakan tren desain masa depan. Pasalnya, lampu tersebut terintegrasi atau menjadi kesatuan desain seluruh bodi mobil. Bahkan, lampu belakang juga berfungsi sebagai deflektor. Karena itulah, BMW berani mengatakan bahwa VissionEfficientDynamic hibridanya unik! ZBJ


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: