basket ball

11 10 2009

Pebasket legendaris asal Amerika Serikat, Michael Jordan (46 tahun), secara resmi menorehkan namanya di Basketball Hall of Fame di Los Angeles, Jumat pekan ini.

Jordan terpilih karena mampu memimpin klub Chicago Bulls meraih cincin juara NBA 6 kali berturut-turut (antara 1991-1998). Selain itu, Jordan tampil di NBA All Star sebanyak 14 kali, menjadi MVP final NBA sebanyak 6 kali, serta menjadi kunci kemenangan tim basket AS pada Olimpiade Barcelona 1992.

Semasa aktif bermain, Jordan benar-benar mengubah citra olahraga bola basket, dari olahraga lokal AS menjadi olahraga dunia yang bergengsi. Anda mungkin pernah mengalami masa di mana “Chicago Bulls” menjadi brand yang amat digemari (antara 1980-an hingga 1990-an). Bersamaan dengan itu, jersey Bulls bernomor 23 serta sepatu basket Nike Air menjadi aksesori wajib remaja di seluruh dunia.

Sebagai seorang atlet sendiri, Jordan selalu menarik perhatian media massa dan penggemar. Bagaimana tidak, selain karismatik dan terkenal memiliki mental juara, Jordan juga merupakan salah satu at;egt terkaya di dunia. Gajinya 30 juta dollar AS per tahun. Itu pun masih ditambah “bonus” 100 juta dollar AS dari iklan.

Mengenai resep suksesnya, Jordan selalu bilang begini: “Saat kita ingin mencapai sesuatu, pasti akan ada halangan. Saya juga menjumpainya seperti juga orang lain. Tapi, seharusnya itu tak perlu menghentikan kita. Seperti saat mendapati tembok, jangan berpikir menyerah, tapi coba lompati dan lewati. Saya adalah orang yang dapat menerima kegagalan, tapi saya tidak dapat menerimanya jika saya belum mencoba.”

Jordan, yang disebut oleh website NBA sebagai ‘atlet basket terhebat sepanjang masa’, mengundurkan diri sebagai atlet basket pada 6 Oktober 1993. Ia kembali lagi pada 19 Maret 1995, dan mengumumkan pengunduran diri secara permanen pada Januari 1999. Katanya, sudah tidak ada tantangan lagi.

Setelah mengundurkan diri, Jordan sempat menjadi bintang film (Space Jam). Ia juga pernah menjadi presiden klub basket Washington Wizards dan memiliki klub basket Charlotte Bobcats. Kini, ia menjadi pengusaha dan mencoba menekuni olahraga bisbol.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: